Tips Memandikan Kucing Berbulu Panjang Seperti Kucing Persia

11:02 PM
Memandikan Kucing Berbulu Panjang - Dalam hal memandikan kucing tentunya memandikan kucing dengan bulu pendek dan merawatnya tentu lebih mudah dibandingkan dengan memandikan kucing berbulu panjang. Kucing berbulu panjang biasanya bulunya rentan rontok dan juga mudah kusut jika jarang disisir. Dengan bulu yang panjang, debu dan kotoran akan lebih mudah menempel pada tubuh kucing dan tentunya sulit dibersihkan.
Tips Memandikan Kucing Berbulu Panjang Seperti Kucing Persia
Kucing Mandi
Sumber gambar : purrfectcatbreeds.com

Memandikan kucing yang memiliki bulu panjang memiliki tantangan tersendiri karena kita harus lebih berhati-hati agar jangan sampai bulu kucing kesayangan kita menjadi kusut.
Baca juga : Jenis Kucing Bulu Panjang Didunia
Ingin tahu seperti apa langkah-langkah memandikan kucing berbulu panjang. Silahkan simak cara atau tips memandikan kucing berbulu panjang dibawah ini.

Cara Memandikan Kucing Berbulu Panjang
  • Gunakan ember yang tidak terlalu kecil, namun juga jangan terlalu besar. Isi dengan air hangat hingga kurang lebih setengahnya. Setelah itu, masukan sabun atau sampo khusus kucing bulu panjang ke dalamnya. Pastikan airnya hangat-hangat kuku, tidak terlalu panas dan juga jangan terlalu dingin. Gunakan pula produk sampo dan sabun khusus kucing yang berkualitas baik. Perhatikan dan baca dahulu cara pemakaiannya.
  • Angkat kucing kesayangan Anda lalu dengan perlahan-lahan letakan ke dalam ember. Pegangi kucing dengan penuh kasih sayang dan biarkan sejenak kucing Anda agar terbiasa dengan air hangat dan situasi didalam ember mandinya itu. Pegang dengan santai namun tetap waspada karena sewaktu-waktu kucing dapat memberontak dan melompat keluar. Apalagi jika ini pengalaman kucing Anda dimandikan.
  • Gunakan cangkir kecil untuk membasahi tubuh kucing Anda. Mulailah menuangkan air sedikit demi sedikit secara perlahan agar kucing Anda tidak panik tapi malah semakin terbiasa. Biarkan bulu-bulunya basah, jangan menggosok bulu kucing Anda karena akan membuatnya menjadi kusut. Sebelum memandikan kucing yang berbulu panjang, biasakan untuk menyisir bulu-bulunya untuk memastikan tidak ada bulu kucing yang kusut. Bulu yang kusut akan semakin kusut apabila terkena air.
     
  • Berhati-hatilah saat membasahi dan menuangkan air pada kucing agar air yang sudah bercampur sabun dan sampo kucing ini tidak masuk ke mata, hidung, mulut dan telinga kucing. Bagian kepala kucing sebaiknya tidak disiram atau dituangi air. Cukup diseka saja menggunakan tangan atau handuk basah. Biasanya kucing tidak suka wajahnya disentuh saat keadaan basah. Jadi lakukan dengan perlahan agar kucing tidak memberontak. Pastikan Anda sudah memasukan sumbat kapas ke telinga kucing untuk mencegah air masuk ke dalam telinga.
     
  • Untuk meratakan sabun atau sampo pada tubuh kucing, Anda dapat mengelus-elus bulunya satu arah yaitu dari atas ke bawah. Jika seluruh tubuh kucing sudah terkena air atau sabun, biarkan kucing berendam beberapa saat ember mandinya.
     
  • Setelah itu, angkat kucing Anda, buang air dalam ember lalu bilas embernya, kemudian isi kembali ember dengan air hangat hingga setengahnya guna membilas bulu kucing Anda. Masukan kembali kucing Anda secara perlahan-lahan ke dalam ember, lalu bilas bulunya dari sisa sabun dan sampo dengan cara menuangkan air ke tubuhnya dengan perlahan. Untuk memasikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal, Anda dapat menyisir searah bulunya dengan tangan dari atas ke bawah, sambil menuangkan air pada daerah tersebut.
     
  • Jika seluruh bagian tubuh kucing Anda sudah bersih dari sabun atau sampo, angkat kucing Anda dari ember, lalu letakan pada lantai yang sudah dialasi keset bersih atau handuk bersih. Remas lembut bulu-bulu panjangnya untuk menghilangkan kelebihan air pada bulunya. Ambilah handuk lebar yang lembut, lalu selimutkanlah pada tubuh kucing untuk menyerap air pada tubuh kucing.
     
  • Setelah bulu kucing sudah tidak terlalu basah, ambilah sisir khusus kucing, lalu sisirlah bulu kucing dengan perlahan dan menggunakan satu arah gerakan yaitu dari atas ke bawah agar bulunya tidak kusut. Setelah rapi, keringkan bulu kucing dengan sempurna menggunakan mesin pengering rambut (hair dryer) dengan setelan panas paling rendah. Jika ini pengalaman pertama kucing Anda dimandikan, ada kemungkinan kucing akan sedikit panik dan takut melihat alat pengering itu. Tenangkan kucing dengan penuh kasih sayang agar kembali menurut.
  • Sekarang bulu kucing persia dan angora Anda sudah kering benar. Jika mau, Anda dapat menyemprotkan sedikit parfum khusus bulu kucing agar kucing menjadi lebih segar.

Demikian mengenai cara memandikan kucing berbulu panjang, semoga bisa bermanfaat untuk penggemar kucing berbulu panjang semuanya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔